MOTIVASI DAN RASA SYUKUR


Bagaimana hidupmu? Apakah ada perkembangan? Belum, maka teruslah berjuang hingga ada sedikit perubahan, walau lambat namun tetaplah bergerak. Jangan mudah menyerah, jangan berputus asa, namun jangan lupa barengi dengan doa yang tak putus-putusnya, ya.

Ada yang bilang kalau hidupmu tidak berubah dalam setahun maka nampaknya kamu tidak bergerak kemana-mana, jangan mudah percaya jika kamu mendengar kalimat seperti itu. Tidak ada manusia yang tidak bergerak, tentu proses yang setiap manusia jalani berbeda dan hasilnya pun bisa berbeda.

Jangan lupa, motivasikan dirimu sekuat mungkin, itu salah satu kuncinya. Entah motivasinya karena ingin menunjukan pada banyak orang bahwa kamu bisa sukses, atau ingin menunjukan pada mantan bahwa kamu bisa jadi manusia yang pantas disesalinya atau bisa juga karena ingin membahagiakan orang tua.

Jangan menghiraukan omongan orang lain juga adalah salah satu kunci agar kamu bisa terus bergerak, apalagi dari orang sekitar kita entah lingkungan tempat tinggal, saudara atau tetangga, semuanya bisa menjadi virus yang mematikan semangat. Jadi, jangan sampai goyah hanya karena omongan orang, anggaplah cuman angin lalu.

Jangan pula, melihat kesuksesan orang lain dan membandingkannya dengan apa yang kita capai, percayalah setiap jerih payahmu selalu diperhitungkan dan tidak akan dibiarkan begitu saja oleh Tuhan. Selalu ada harga untuk setiap keringat dan air mata yang kita perjuangakan.

Jangan ragu untuk terus bergerak, jangan pula lengah, karena kita tidak pernah tahu dilangkah ke berapa kita akan mencapai kesuksesan. Semua badai pasti akan surut dan tidak ada badai yang terlalu besar yang tidak bisa diredakan.

Tegapkan badanmu dan ucaplah syukur dengan sepenuh hatimu, jangan lupa, setiap ucapan syukur yang kau ucapkan kepada Tuhan akan digantinya dengan kekuatan baru yang akan menjadi pembakar semangat baru bagi jiwa dan rohmu.

Banyak sekali hal baik dan hal buruk yang bisa terjadi dalam hidup kita, tugas kita hanyalah terus berusaha untuk menjadi baik saja dalam segala hal apa yang ktia lakukan meski hasilnya tentu tidak semuanya baik, dalam hal mengerjakan sesuatu pasti ada saja hal yang tidak bisa kita selesaikan dengan baik termasuk bersyukur, namun tetap upayakan yang terbaik.

Ada banyak kendala dalam hidup ini yang kita rasa tidak baik bagi perkembangan diri kita namun kita jangan sampai lupa untuk selalu menanamkan rasa syukur agar kelak ketika mendapatkan berkat dan sukses, kita tidak lupa untuk bersyukur. 

Meski jalannya berliku namun selalu usahakan yang terbaik, ya, bersyukur dalam segala kondisi, baik susah maupun senang. Kalau bagiku sendiri akhir-akhir ini rasanya ketika rasa bersyukur semakin tinggi, sebuah kekuatan pun lahir dari rasa syukur itu, entah namanya apa tetapi yang pasti selalu ada rasa bahagia setiap hari-hariku.

Setelah berjuang dengan motivasi yang panas membara, jangan lupa taruh rasa syukur di tempat paling pertama setelah apa yang kau idamkan tergapai karena akan ada stimulan baru yang bisa membuatmu menjadi pribadi yang semakin hari semakin baik. Tidak akan berakhir disitu saja karena semua yang kau lakukan pastinya ada ganjaran yang sangat besar dalam hidupmu. 

Teruslah percaya bahwa hidupmu tidak sia-sia, dan ada nilai yang sangat besar yang kau dapatkan meski proses membuatmu terlihat berjalan sangat lambat. Percayalah hidup kan membuatmu menjadi pribadi yang tangguh.

Semakin kau bersyukur semakin banyak tantangan yang kan datang padamu, entah dari mana datangnya teori ini namun terasa sekali dalam hidupku, dikala berusaha bersyukur dengan apa yang baru saja aku capai namun semakin banyak pula tantangan-tantangan datang menghampiriku.

Banyak yang bisa diambil dari setiap tantangan ini, misal baru saja mendapat rezeki, tantangan datang untuk mengingatkanku untuk jangan sampai lupa berbagi ke orang yang sedang susah atau jangan lupa untuk memberi apa yang menjadi milik Tuhan.

Bersyukur seolah menjadi peringatan bahwa kita tidak bisa hanya menerima apa yang diberi Tuhan kepada kita, tetapi juga harus memberi apa yang kita punya. Jangan lalai dalam bersyukur, karena Tuhan tidak pernah suka kita menjadi angkuh atas apa yang kita capai.

Bersyukur juga menjadi pertanda kita sangat menikmati berkat yang telah diberikan Tuhan, sedikit banyaknya berkat yang kita dapatkan sepatutnya kita selalu bersyukur selalu. Selalu utamakan mengucap syukur dalam segala kondisi, baik itu saat mendapatkan berkat ataupun tidak.

Bersyukur pun bukan hanya tentang mendapatkan berkat saja, bisa juga bersyukur karena telah diberikan kekuatan dalam menghadapi pencobaan atau tantangan dalam hidup kita, atau bersyukur karena telah melewati masa kelam atau masa sulit dalam hidup kita.

Dengan bersyukur kita akan mengetahui bagaimana hidup terkadang mempermainkan kita namun kita akan selalu kuat karena rasa syukur yang besar tidak bisa dikalahkan oleh apapun, apalagi rasa syukur yang kita tujukan kepada Tuhan. Tentu akan sangat disukaiNya, dan dia akan menggantinya dengan berkat yang melimpah atau kekuatan yang tiada habisnya.

Ingat, awal dari sebuah kehancuran adalah tinggi hati, mengapa tinggi hati? Karena ketika tinggi hati, kita jadi lupa bagaimana cara untuk bersyukur, kita bisa merasa kita paling hebat, kita merasa kita paling kuat, kita merasa paling kaya, dan itulah kehancuran yang perlahan akan menghancurkan kita sedikit demi sedikit.

Sekalipun engkau memiliki segalanya namun tidak tahu bagaimana caranya untuk bersyukur, kamu tetap akan merasa kekurangan. Sekalipun kamu memiliki kekuatan yang dahsyat dalam menghadapi permasalahan hidup namun kamu pun juga tidak akan lepas dari permasalahan yang tidak ada habisnya.

Namun, ada proses yang terus berjalan hingga kita sadar bahwa kita hanya kurang bersyukur sehingga permasalahan tidak pernah habis-habisnya mendatangi kita. Jadi, jangan sekali-kali kamu lupa untuk mengucap syukur karena ada kekuatan dahsyat yang akan kau dapati ketika bersyukur dan akan menjadi penyemangat serta motivasi yang kuat yang menjadikanmu orang yang berharga.

- Bryan Nakupenda

Post a Comment

0 Comments