PERBURUAN BONSAI YANG MENYENANGKAN

Perburuan Bonsai Yang Menyenangkan. Sabtu, 4 Juli 2020 hari yang sangat seru, dimana saya dan Kak Jimmy dan Kak Iwan kembali berburu bonsai lagi namun kali ini bukan hanya kami bertiga saja tetapi juga ada teman  seklaigus tetangga saya Rizal beserta anak dan istrinya. Perburuan ini merupakan salah satu yang lumayan waktu saat perjalanan karena jarak yang lumayan jauh. 

Dimulai dari rumah kami masing-masing hingga ditempat perburuan cukup memakan waktu, sesampai disana kami berusaha melobi penduduk setempat untuk dapat izin mengambil santigi, begitupun saat perjalanan pulang yang penuh dengan tantangan karena hasil yang didapat lumayan banyak dan lumayan berat.

Hanya karena belum mencoba bukan berarti tidak tahu dan bukan berarti tidak bisa menjadi hobi, semula hanyalah iseng dan penasaran namun karena mendengar cerita saja tidak asyik akhirnya ikutan nimbrung untuk turut serta dalam perburuan juga. Itulah yang saya rasakan saat mulai ikut dalam menanam bunga.

Kenapa disebut berburu? Karena mencari bonsai adalah kata yang kurang keren.

Meski diperjalanan harus melewati jalan yang lumayan sulit juga karena adanya penguburan orang meninggal sehingga harus lewat jalur alternatif yang lebih jauh jaraknya dan lebih sulit untuk dilewati namun puji Tuhan tetap bisa sampai dengan selamat di tempat tujuan.

BACA JUGA: PERDANA BERBURU BONSAI!

Setelah sampai pun ada tantangan yang harus dilewati yakni izin untuk mengambil santigi dari warga setempat, meski datangnya ke kampung halaman teman saya Rizal namun untuk bisa membawa pulang santigi tetap harus meminta izin dulu biar tidak ada masalah ketika ingin membawa pulang santigi hasil perburuan tersebut.

 

Sekitar sejam waktu yang kami habiskan untuk melobi, dan syukur karena perjalanan kami tidak sia-sia, kami bisa pergi berburu di spot santigi yang lumayan luas dan sangat banyak tinggal pilah-pilih saja, namun satu yang ada dibenak kami saat ingin mengambilnya yaitu jangan sampai merusak ekosistem pantai.

Meski izin sudah berhasil dikantongi namun hati tetap was-was karena sebenarnya daerah yang kami datangi ini terlihat sama sekali tidak biasa didatangi oleh warga, hal yang paling saya takutkan yakni buaya atau binatang liar meski sudah diberitahu bahwa tidak ada binatang liar namun tetap saja hati gelisah. HAHAHA

BACA JUGA: PODCAST PERDANA!

Perburuan dimulai pukul setengah satu siang hingga sore hari, kami mendapatkan banyak bonsai mulai dari santigi, beringin hingga pohon waru yang juga bisa dijadikan bonsai hias. Ukurannya pun bervariasi ada yang dapat kecil yakni saya dan ada juga yang dapat berukuran besar yakni Kak Jimmy dan Rizal. Sedangkan Kak Iwan membawa pulang yang berukuran sedang saja.

Rasa penasaran dipupuk bahkan semakin tinggi tatkala kami sudah ingin pulang seakan tidak ingin meninggalkan lokasi perburuan. Perjalanan pulang semakin menantang bukan karena jalannya yang sulit dilewati namun karena lampu motor teman saya Rizal putus.


 

Sesampainya di rumah masing-masing kami mulai membongkar muatan kami dan mulai berkreasi untuk menanamnya pada hari esok, tidak lupa kami membersihkan hasil perburuan sebelum akhirnya direndam semalam dulu agar besoknya bisa ditanam ke media pot.

Saya sendiri kekurangan pot alias pot tidak ada alias memang belum beli pot sama sekali, ah..banyak alas an saja eee…HAHAHA  otak sedikit dibuat berputar-putar dan saya memutuskan untuk menggunakan barang bekas seperti ember atau pot yang hampir rusak. Proses penanaman pun tak sampai disini saja karena merawat bonsai dan santigi ini tak semudah yang dibayangkan. Ada kesabaran tingkat tinggi hingga akhirnya bisa melihat tunas kecil yang tentunya baru bisa dilihat setelah berminggu-minggu kemudian.

Hati senang sekali dengan perburuan bonsai ini, baru juga lewat sehari namun rasa penasaran diantara kami untuk bisa mendapatkan lebih kembali memuncak. Ternyata ini yah yang namanya penasaran karena baru mengenal, semoga saja tetap langgeng rasa penasaran ini dan jangan seperti mantan yang pergi saat sedang saying-sayangnya. HAHAHA

- Bryan Nakupenda


*Bonus Foto Pemandangan
Diambil menggunakan Xiaomi Redmi 5A




Post a Comment

1 Comments

  1. Thanks ka, materinya sangat bermanfaat sekali buat aku. Aku suka banget ^^ Beginilah Agen Togel Online Terpercaya yang harus kamu mainkan

    ReplyDelete

Silakan berkomentar secara bijak atau sesuai topik pembahasan...