KOMIK YANG ISINYA TAWURAN ANAK SMA


Akhir-akhir ini jadi sering membaca komik-komik dengan tema pertarungan atau tawuran namun yang karakter utamanya adalah anak SMA yang mengambil plot cerita tentang anak SMA yang bisa dibilang hobi atau tidak sengaja terdampar dalam dunia perkelahian anak SMA. Ada yang terlibat karena dirundung, ada yang terlibat karena memang suka cari gara-gara, asyik dah cerita-ceritanya.

Setelah beberapa bulan ini saya jadi punya banyak waktu karena virus Covid19 yang belum juga mereda, saya jadi sangat-sangat tertarik dengan dunia SMA yang ada di dalam komik entah itu manga, manhwa, atau manhua.

Jadi saya akan merekomendasikan beberapa manga, manhwa atau manhua yang bagus dan menarik untuk dibaca. Tapi sebelum itu kita akan mengenal dulu apa itu manga, manhwa, ataupun manhua. Sebelum kita mulai yuk siapkan teh jeruk hangat ya biar makin adem pas lagi bacanya, karena ini akan menarik sekali. Hehe

BACA JUGA: SOUNDTRACK TERBAIK ANIME NARUTO!!!

Jadi yang pertama adalah manga. Apa itu manga? Buat teman-teman yang menyukai komik dari Jepang, sebutannya manga ya teman-teman. Manga ini adalah perwujudan komik atau cerita bergambar dengan gaya Jepang dan juga telah dikenal sejak tahun 1980an. Manga ini punya banyak kategori ya, diantaranya ada shounen, shoujo, seinen dan josei. Membacanya pun dari kanan ke kiri.

Nah, dari beberapa itu yang paling banyak disukai, ini menurutku ya, setelah mendengar pendapat dari beberapa temanku, yang paling banyak disukai itu adalah manga shounen atau komik yang bercerita tentang anak remaja gitu sekitaran 12 sampai 20 tahunan. Seperti Naruto, One Piece, Boku no Hero dan lainnya itu loh.


Ok, selanjutnya. Yang kedua, yakni, Manhwa atau bisa kita sebut komik dalam bahasa korea atau komik korea. Jadi manhwa selain cara bacanya yang berbeda dengan manga yakni dari kiri ke kanan, manhwa ini juga komiknya berwarna ya teman-teman beda dengan manga yang komiknya tidak berwarna alias hitam putih. Dan ceritanya tidak kalah seru dengan manga ya.

Yang ketiga, yaitu manhua atau bisa kita sebut komik Tiongkok, (buat yang bertanya kenapa saya bilangnya Tiongkok, sila cek

Dalam Wikipedia dijelaskan bahwa komik manhua ini telah berkembang cukup jauh sejak Dinasti Ming. Luar biasa ya. Jadi itu sedikit penjelasan terkait apa itu manga, manhwa maupun manhua. Pada intinya sih manga, manhwa atau manhua adalah sama, yakni sama-sama komik atau cerita bergambar ya.


Nah, berikut ini saya akan memberikan rekomendasi kepada teman-teman tentang komik yang menurutku sangat keren ya, apalagi bagi kalian yang menyukai kisah anak-Naka nakal atau kisah anak-anak yang hobinya berkelahi.

Rekomendasi ini berdasarkan cerita yang saya sukai, gambar dan juga rasa penasaran yang menggebu dihati saat membaca ya.

Sruput lagi tehnya, ayoo!!!

Eh.. Sruput lagi dong teh jeruk hangatnya.

Ok, berikut adalah daftar dari Manhwa, Manga, atau manhua favorit saya ya:

1. Crows
Crows (クローズ) adalah sebuah seri manga karya SMA Suzuran. Manga ini bercerita tentang pengalaman anak pindahan bernama Harumichi Bouya dari tahun kedua hingga lulus dari Suzuran. Bouya adalah salah satu petarung tangguh yang mampu menantang Rindaman. Banyak aksi-aksi menarik dalam Crows ini yang tentunya bakalan bikin lu gak nyesal baca ceritanya.

2. Worst
Worst adalah karya lanjutan dari seri manga Crows karya Hiroshi Takahashi yang masih sama berlatar SMA Suzuran dan SMA-SMA sekitar SMA Suzuran. Dalam Worst ini berkisah tentang Tsukishima Hana yang dating dari jauh untuk bersekolah di SMA Suzuran, dan ia menjadi satu-satunya yang mampu menyatukan SMA Suzuran. Hampir sama seperti Bouya Harumichi, Hana ini sangat kuat namun yang membedakan mereka dalam Worst ini adalah si Hana mau menjadi pemimpin sedangkan bagi si Bouya dalam seri Crows tidak menyukai menjadi pemimpin. Wah..pokoknya seru deh, banyak hal menarik yang diceritakan pengarang disini. Bakalan gak nyesal bacanya.

3. Lookism
Lookism (Hangul외모지상주의RRwebtoon Korea Selatan yang ditulis dan diilustrasikan olehPark Tae-joon.nak SMA yang dapat berganti tubuh—yang satu gemuk dan jelek, dan yang satu gagah dan tampan. Kehidupannya berubah dari yang biasanya di-bully hilang ketika dia berada di tubuh tampannya, ceritanya kompleks dengan berbagai masalah yang timbul. Komik ini pertama kali dipublikasikan di Naver Webtoon sejak bulan November 2014 dan masih berlanjut hingga sekarang. Penasaran? Silakan baca teman-teman. Menampilkan aksi-aksi perkelahian yang gak kalah seru dengan Crows dan Worst loh.
Weak Hero adalah salah satu Manhwa atau webtoon korea keren favorit saya loh, ceritanya berlatar pada kehidupan SMA Eunjang yang mana penuh dengan berandal, si karakter utama Sieun Yeon adalah pahlawan yang paling lemah dalam kelompoknya yang sering diincar karena dianggap yaitu lemah. bully-an semenjak kejadian yang terjadi di masa lalu. Bagaimana kisahnya? Ayok..kita baca  bersama-sama gaees! Pengarang dari Weak Hero ini adadalah Seopass dan digambar oleh Razen/ Kim Jin Seok.

Sebelum lanjut, ayo sruput lagi tehnya!

yaaa, gitu dong, mantap!!

5. The Boss
Nah kalo ini adalah salah satu yang paling seru perkelahiannya, apalagi karakternya adalah yang terkuat selama ceritanya berjalan, dan selalu tidak mau kalah. HAHAHA The Boss/ Si Boss ini adalah cerita perkelahian anak SMA yang terlibat berbagai masalah. Namun, dalam perjalanannya kisah masa lalunya mulai terungkap sedikit demi sedikit. Bagaimana kelanjutannya?

6. Loser Life
Bagi anda yang pernah atau menyukai komik Lookism, pasti anda tahu dong seiapa pengarangnya. Ya, pengarang komik Lookism dan Loser Life ini sebuah manhwa oleh Park Tae-joon pengarang Lookism, namun di Loser Life ini ia berkolaborasi dengan Jeon Sunwook. Komik Loser Life ini sendiri adalah komik yang menceritakan tentang seorang preman sekolah yang terlempar ke masa SMA-nya dan terjebak di dalam tubuh korban bullya-annya di masa lalu. Jang Ancheol sang preman sekolah berusaha untuk bias kembali ke tubuhnya namun ada syarat yang harus ia lakukan. Bagaimana kisahnya? Ayo, segera baca komik Loser Life!!!

7. How to Fight
Tidak beda jauh dengan Loser Life, komik How to Fight juga merupakan salah satu karya dari Park Tae-Joon yang berkolaborasi dengan Kim Junghyun. How to Fight ini menceritakan Hobin si karakter utama yang tanpa sengaja menemukan channel lama di Newtube dan sejak hari itu hidupnya berubah drastis.
Salah satu komik yang juga penuh dengan perkelahian anak SMA ya ini, Study Group. Bercerita tentang Gamin yang berusaha membentuk sebuah Study Group (Kelompok Belajar) namun tidak semudah yang diperkirakannya karena dia harus berhadapan dengan banyak sekali tantangan dan hambatannya. Bagaimana kisahnya dalam menghadapi preman di sekolahnya? Yukk…baca sama-sama.

9. Money and The Power
Karya dari Dongwoo Han dan Dohee Lee ini adalah salah satu komik yang tidak boleh dilewatkan, berbagai macam masalah dengan tingkat komplesitas yang tinggi menjadikan komik ini patutu untuk dibaca. Tentunya dengan plot yang tidak biasa menjadikan komik ini bisa teman-teman sukai juga.

Sebelum ke komik yang terakhir yang bakalan saya rekomendasikan, tolonglah abisin dulu itu tehnya.

Ayooo!

Nah gitu dong! hehehe
10. Boss in School
Yooo…. Jadi itulah sepuluh komik baik dari Manga, Manhwa atau Manhua yang saya bisa rekomendasikan kepada teman-teman dan haruslah teman-teman baca. Ceritanya tentu saja bervariasi satu dengan yang lain, dan sekalipun ada pengarang yang sama di beberapa komik namun saya berani jamin teman-teman tidak akan kecewa dengan cerita yang disajikan.

Sebenarnya masih ada beberapa komik tentang perkelahian anak SMA namun menurut saya sih belum pantas masuk daftar ini sebagai salah satu komik yang pantas untuk dibaca dan juga komik-komik yang didaftar ini adalah komik yang sudah saya baca sebelumnya, jika mungkin ada komik tentang tawuran anak SMA yang belum saya baca, silakan titip di kolom komentar komik-komik yang patut saya baca ya teman-teman. HEHEHE



Oh, iya, bagi teman-teman yang ingin membaca, silakan googling ya. Saya tidak ingin berbagi link atau apapun mengenai komik diatas, namun untuk beberapa komik korea atau Manhwa bisa teman-teman baca di webtoon. 

- Bryan Nakupenda


Post a Comment

0 Comments