KUPANG PODCAST Eps. KEHIDUPAN SETELAH KULIAH

Akhirnya ada juga artikel saya yang membahas podcast dan tentu saja langsung dengan isi podcastnya. Jadi, podcast ini adalah sebuah rencana lama saya yakni sejak tahun lalu. Eh.. btw podcast tuh apa yah?

Oke, jadi sebelum kita lanjut membahas podcast saya, kita mulai dulu dengan membahas podcast secara umum dulu. 

Berikut sedikit penjelasan singkat yang telah saya rangkum dari beberapa sumber:


Apa itu podcast? 

Menurut situs apple.comPodcast adalah episode program yang tersedia di Internet. Podcast biasanya merupakan rekaman asli audio atau video, tetapi bisa juga merupakan rekaman siaran televisi atau program radio, kuliah, pertunjukan, atau acara lain.

Sedangkan menurut situs qwords.comPodcast adalah berkas digital berupa audio yang pendengarnya diharuskan untuk mengunduh terlebih dahulu untuk bisa mendengarkan audio tersebut. Podcast ini adalah audio non-streaming, sehingga sangat berbeda dengan radio.

Kalau saya menerjemahkannya, podcast adalah sebuah berkas digital yang bertujuan memberikan informasi kepada pendengar kita, dimulai dari informasi bermanfaat hingga informasi yang bisa saja dibuat hanya untuk sekadar menyenangkan hati pembuat podcast.

Sejarah Podcast

Podcast ini pertama kali muncul dalam artikel yang dibuat oleh Ben Hammersley dalam surat kabar The Guardian tahun 2004 lampau. Podcast sendiri awalnya berasal dari kata Pod yang berarti Playable on Demand.

Podcast ini memang dahulu dirancang untuk dapat diputar pada Mac dan juga iPod. Podcast ini menjadi semakin populer pada satu tahun berikutnya sempat jadi sangat booming pada 2007. Bahkan popularitas Podcast ini terus berkembang cepat sampai dengan saat ini. Sebagian besar orang Indonesia juga sudah terbiasa mendengarkan Podcast ini sejak tahun 2012.

Podcast Indonesia

Gelombang podcast pun akhirnya sampai ke Indonesia. Pada 2005, Boy Avianto membuat podcast pertama di Indonesia dengan nama Apa Saja Podcast melalui kanal blogspot.

Popularitas ini ditandai dengan kehadiran sejumlah podcaster yang dianggap sebagai penggawa skena siniar Indonesia, seperti Adriano Qalbi. Membuat Podcast Awal Minggu sejak 2016, Adriano sampai-sampai disebut "Bapak Podcast Indonesia".

Riak podcast di Indonesia berubah menjadi gelombang besar setelah Spotify membuka kanal khusus untuk podcast. Semua orang bisa mengunggah konten audio ke Spotify melalui kanal hosting, seperti Gimlet atau Anchor.

Nah..bagaimana penjelasannya tentang podcast, juga sejarahnya hingga akhirnya bisa hadir di Indonesia juga?

Jadi, podcast saat ini menjadi salah satu daya tarik untuk berkarya dalam era digital seperti saat ini entah melalui youtube atau lewat media sosial lainnnya, dan saya juga mencoba untuk ikut terjun, dan semoga saja tidak banyak kendala yang menghadang saya. HAHAHA


Kupang Podcast

Kupang Podcast atau KUPOD adalah podcast yang saya buat untuk have fun saja, namun tentunya bakal berisi dan bukan main-main isinya, tentunya ada nilai pembelajaran yang akan saya berikan kepada pendengar nantinya. KUPOD ini akan full menggunakan bahasa Kupang, tentu bahasa Kupang tidak sulit untuk didengar dan dicerna karena bahasa Kupang bukan seprti bahasa daerah lain yang sulit sekali. KUPOD ini tetap ada bahasa Indonesia-nya juga, dan ini akan menjadi ciri khas tersendiri pada KUPOD.

KUPOD episode perdana ini adalah podcast pertama saya bersama rekan saya Arry Mochtar a.k.a Axperiman. Podcast ini masih seputar ngalor ngidul seputar kehidupan setelah kuliah dan mimpi-mimpi yang tinggi.

Podcast keresahan hati kami berdua akan stigma kehidupan sosial yang keras yang terjadi pada kami. Podcast ini pun sebelumnya bukanlah berjudul KUPOD namun berjudul Rakat Milenial dan pernah diupload di spotify menggunakan akun rakatmilenial namun setelah beberapa pertimbangan akhirnya saya menghapus podcast lama dan mengupload ulang podcast ini di Spotify untuk didengarkan menggunakan akun pribadi saya.




KUPOD episode satu ini telah direkam pada bulan maret tahun lalu, jadi rekaman ini adalah rekaman sebelum rekan saya Arry memiliki studio foto dan design sendiri dan sebelum saya masih tetap melanglang buana di dunia pengangguran. HEHEHE

Jadi, buat teman-teman yang mau update tentang KUPOD ini bisa langsung follow saya di spotify untuk mendegnarkannya atau bisa juga terus ikuti update podcast di blog ini. 

So, selamat menikmati, selamat mendengarkan!




Sumber: CnnIndonesia, Qwords.com, Apple.com
Gambar: Freepik.com

0 Komentar:

Post a Comment

Silakan berkomentar secara bijak atau sesuai topik pembahasan...