KUPANG PODCAST Eps. KEHIDUPAN SETELAH KULIAH

Akhirnya ada juga artikel saya yang membahas podcast dan tentu saja langsung dengan isi podcastnya. Jadi, podcast ini adalah sebuah rencana lama saya yakni sejak tahun lalu. Eh.. btw podcast tuh apa yah?

Oke, jadi sebelum kita lanjut membahas podcast saya, kita mulai dulu dengan membahas podcast secara umum dulu. 


Berikut sedikit penjelasan singkat yang telah saya rangkum dari beberapa sumber:

Apa itu Podcast?

Menurut qwords.com Podcast adalah berkas digital berupa audio yang pendengarnya diharuskan mengunguh terlebih dahulu untuk bisa mendengarkan audio tersebut. Sedangkan Tirto.id  menjabarkan bahwa podcast berasal dari gabungan isitlah “iPod” dan “broadcasting”. Sepintas kedengarannya mirip dengan siaran radio dengan embel-embel broadcasting tersemat disana, tetapi, ternyata bukan begitu. Podcast adalah bentuk media yang cukup unik. Podcast tidak bertumpu pada frekuensi AM/ FM seperti radio dan siarannya pun tidak terpatok pada jadwal.

 

Sejarah Podcast

Podcasting, yang sebelumnya dikenal “audioblogging”, berakar sejak tahun 1980-an. Degnan munculnya akses internet broadband dan perangkat pemutaran audio digital portable seperti iPad.

Podcast kemudian semakin dikenal sejak tahun 2004 yang kemudian bertambah popular di 2005 seiring Applr memasukkan fitur podcast ke dalam took music besutannya, iTunes. Perkembangan podcast gelombang pertama terasa cukup lambat dikarenakan bandwidth dan perangkat teknologi yang belum mendukung konten audio sepenuhnya dan juga karena perilaku konsumsi konten masyarakat yang saat itu tengah gandrung pada media social berbasis teks dan juga visual.


Saat ini ada lebih dari 115.000 podcast berbahasa Inggris tersedia di Internet, dan puluhan situs web tersedia untuk distribusi dengan sedikit atau tanpa biaya kepada produsen atau pendengar.

 

Podcast Indonesia

Podcast ini menjadi semakin populer pada satu tahun berikutnya sempat jadi sangat booming pada 2007. Bahkan popularitas Podcast ini terus berkembang cepat sampai dengan saat ini. Sebagian besar orang Indonesia juga sudah terbiasa mendengarkan Podcast ini sejak tahun 2012.

Momen kebangkitannya pada saat platform Anchor meluncurkan layanan hosting tifak berbayar untuk mendistribusikan podcast ke berbagai platform. Sebelum ada Anchor, para creator podcast harus menggunakan layanan hosting berbayar untuk mendistribusikan podcast menggunakan audio soundcloud yang gratis. Beberapa podcaster yang lebih dulu popular di Soundcloud antara lain Adriano Qalbi, Rene Hafied, dan juga Iqbal Hariadi.

 

Kupang Podcast

Kupang Ppdcast atau KUPOD, adalah sebuah podcast saya sendiri yang nantinya bakalan saya rilis mungkin sebulan sekali, HEHE Pembahasannya pun bakal random alias beragam dan tidak hanya pada satu topik saja. Bisa jadi saya juga akan membuat podcast sajak atau puisi saya sendiri, sembari belajar membacakan puisi dan sajak. 

Oh, tentu saja, KUPOD ini nantinya akan menggunakan bahasa Kupang juga kalau topiknya asyik, namanya saja KUPOD alias Kupang Podcast ya harus bahasa Kupang lah. Satu yang ingin saya bagikan dengan teman-teman yakni, saya akan berusaha untuk rajin mengupload serajin mungkin. Khusus untuk podcast sajak atau puisi saya tetap menggunakan bahasa baku ya. HEHEHE

Untuk edisi pertama atau episode pertama ini saya masih mengupload Podcast lama saya yang telah saya rekam tahun lalu bersama teman saya, Arry Mochtar a.k.a Axperiman.

Dan membahas tentang kehidupan kami setelah kami kuliah dan segala pelik masalah yang kami hadapi serta keresahan yang menghantam hati kami. So, selamat mendengarkan ya teman-teman!

 - Bryan Nakupenda


Kalau pemutar tidak aktif, silakan klik link ini!



*isi artikel disadur dari berbagai sumber

Post a Comment

0 Comments