KEMBALI BUGAR DENGAN #betalatihandirumahsa




Sejak Covid-19 merebak dan menjadi pandemic sehingga banyak yang harus #dirumahaja, work from home dan banyak aktifitas berharga lainnya yang direncanakan tahun ini harus ditunda hari-hari yang indah sedikit berubah. Misal kebiasaaan ngumpul yang harus banyak dihindari demi mencegah penyebaran Covid-19 ini. Ditengah pandemic itu muncul sebuah ide untuk kembali aktif berolahraga namun tetap dengan kondisi #stayathome.


Ide itu adalah #betalatihandirumahsa atau bisa dibilang speerti workout from home gitu. Olahraga membentuk otot yang tentunya dengan harapan bisa menjadi sebuah trend tersendiri bagi saya selama masa pandemic ini tengah berlangsung.



Tujuannya sih sebenarnya hanyalah untuk dapat kembali memiliki badan yang atletis seperti dulu lagi sewaktu masih jadi atlet, karena jujur sejak meninggalkan karir sebagai atlet dan menjadi pelatih badan yang saya miliki mulai menunjukan perubahan yang signifikan , yakni lebih kurus namun perut menunjukan gejala obesitas meski berat badan tidak beranjak naik alias stabil namun tetap saja lemak jahat menjadi momok yanbg menakutkan sekali.


10 April 2020, waktu itu sempat-sempatnya pergi mandi di Pantai Batu Kepala depan rumahnya Ma Ona Diaz, untuk yang belum kenal Ma Ona Diaz nanti ya saya ceritakan :D HEHEHE Okay, kembali ke pantainya. Jadi waktu itu saya dan pacar serta rekan saya risal beserta istrinya dan juga keluarga Ma Ona Diaz sendiri pergi berkunjung ke rumah masa kecilnya yang terletak di Kampung Nunhila yang letaknya langsung di pinggir pantai.



Kami main kartu ‘seven skop’ sambil jepit telinga sehabisnya kami pergi mandi di pantai dan yah sungguh menyenangkan sekali mandi pantai, karena ya bisa dibilang lebih dari tiga bulan saya dan pacar tidak liburan. Suasana yang menyenangkan itu mengganggu sekali ketika pacar bilang perut saya buncit meski sebenarnya bukan perut buncitnya yang menjadi ketidaksukaannya pada perutku namun kenapa perut atletis yang dulu ada sekarang sudah menghilang entah kemana. DUHHH!!!

Saya jengkel dan beberapa hari mulai merencanakan latihan dirumah dan hasilnya adalah sebuah program untuk membentuk otot baik perut, dada dan lengan. Namun, untuk sebulan awal fokus utama saya adalah otot lengan dan dada meski ayng menjadi bahan ejekan adalah perut namun saya ingin dada dan lengan yang lebih terlihat. HEHEHE


15 April 2020, program berjalan dan yah, penuh semangat dong meski badan harus merasakan sakit lagi karena otot sudah lama diam jadi yah harus terbiasa lagi. HAHAHA tapi hasilnya pastinya sangat memuaskan, meski program awal yang dijalankan ini baru seputar push up, tricep dips, dan shit up aja.

Di awal sebulan pertama selain badan yang harus kembali terbiasa dengan beban latihan saya juga butuh isitirahat yang cukup. Jadi bagi kawan-kawan yang mungkin mau ikutan silakan! Saya sih ikut senang kalau kita semua tetap sehat meski hanya berdiam diri di rumah.


Oh iya, program ini saya namakan #betalatihandirumahsa juga terinspirasi dari postingan Georges St. Pierre di Instagram.

Jadi programnya ada dua, yang pertama: menu latihannya adalah push up 15x repetisi, triceps dips 10x Atau 15x repetisi, dan shit up sebanyak 15x repetisi juga. Masing-masing gerakan diulang sebanyak 3 ronde ya, dan dilakukan dengan jeda istirahat paling lama 10 detik namun alangkah lebih baik lagi jika kita bisa memacu diri kita dengan tidak mengambil nafas alias tidak beristirahat sama sekali.



Menu yang kedua yaitu, program push up bertahap. Jadi, kita melakukan push up yang seharinya bertambah 5, namun dengan jumlah repetisi yang berbeda. Sebagai contoh, pada hari pertama kita melakukan push up 10x dengan 2x repetisi pada pagi hari, siang harinya kita melakukan 10x push up dengan jumlah repetisi 3x, sedangkan pada sore atau malam harinya kita melakukan push up dengan satu kali repetisi saja namun jumlahnya bertambah lima. Menu layohan yang kedua ini dilakukan selama tiga hari latihan dan sehari istirahat. Oh iya, kedua program dilakukan selama sebulan penuh, dan untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada tabel.




Bagaimana? Tertarik untuk ikut program latihannya juga? Kalau tertarik silakan bagikan postingan ini dan juga sertakan video latihan kawan-kawan dengan memberi tagar #betalatihandirumahsa. Contoh video latihannya bisa dilihat pada youtube channel saya  dan jangan lupa untuk subscribe yah.


Jangan lupa untuk tetap #dirumahaja selama pandemi Covid19 ini dan selamat berlatih.

- Bryan Nakupenda


0 Komentar:

Post a Comment

Silakan berkomentar secara bijak atau sesuai topik pembahasan...