DIRGAHAYU DOJO AIRNONA



Banyak rintangan dan halangan yang dilalui, memang benar, segala perkara dapat kulalui didalam dia yang memberi kekuatan. Dojo SDG AIRNONA 1 (Dojo Airnona) yang pada hari selasa, 12 Februari 2019 lalu genap berusia tiga tahun. Perjalanan yang cukup panjang untuk sebuah dojo, bukan?

Jatuh, bangkit, jatuh lagi, bangkit lagi. Itulah perjalanan yang ingin saya ceritakan. Dimulai dengan latihan yang awalnya hanya berjumlah 19 orang kenshi, berkembang menjadi sangat banyak hingga seratus lebih kenshi yang datang latihan, dan setelah melewati proses yang berkata bahwa menjadi seorang kenshi generasi penerus adalah mereka yang bertahan setelah melewati proses panjang entah latihan yang rumit, ujian kenaikan tingkat maupun setelah mengikuti pertandingan. Dari sinilah muncul bibit-bibit generasi penerus kempo Nusa Tenggara Timur yang tangguh.


Mereka yang telah melewati proses seleksi alam dalam lingkungan dojo inilah yang menjadi tulang punggung di Dojo Airnona. Yang telah menikmati dipukul mentalnya untuk menjadi atlet yang tangguh dan luar biasa. Yang ditempa dengan keras demi sebuah prestasi yang mutlak.

  

Suka duka saat melatih di Dojo Airnona?
Bermodal keberanian belum tentu bisa bertahan, sebagai salah satu dojo kecil pasti selalu ada kerikil yang bisa melemahkan saya sebagai pelatih, dimulai dari bantuan asisten pelatih yang datang dan pergi begitu saja, asyik kek lirik lagu aja. 

Bermodal teknik juga belum cukup. Panjang sabar adalah kunci, dengan melatih anak-anak di dojo saya dihajar, iya dihajar bukan diajar, dihajar untuk lebih sabar menghadapi anak-anak yang mana rata-rata masih berada pada usia bermain, harus sabar membangun daya tangkap mereka terhadap teknik-teknik yang saya ajarkan, harus sabar terhadap keluhan mereka dan berbagai hal lainnya.

Yang awalnya sekadar mengamalkan amanat sang pendiri Kempo di NTT kini berubah menjadi sebuah kesukaan karena telah mencintai anak-anak yang rajin latihan, meski di tengah jalan selalu ada hambatan tapi menjadi sebuah pelajaran penting untuk berkembang menjadi pelatih maupun kenshi yang lebih baik lagi dalam mengembangkan kempo.

Hasilnya?
Proses itu tidak mengkhianati hasil, iya, benar adanya loh. Awalnya tertatih-tatih kini sudah bisa lebih lega, meski sebagai pelatih masih banyak kekurangan. Merangkak perlahan, menghadapi rintangan, berjalan perlahan beriringan dengan halangan dan berlari melompat cobaan yang ada di depan.


Hati gundah kadang melanda ketika musim ujian sekolah mulai tiba, atau musim hujan yang lebat menyerang, namun tak pernah saya ingin mengalah karena sebagai pelatih menyerah berarti kalah, dan tentu saja mengevaluasi diri juga adalah hal terpenting yang harus saya lakukan setiap saat.


Setiap kekurangan pasti ada yang bisa dikembangkan menjadi lebih baik. Begitupun setiap kelebihan masih bisa dikembangkan untuk jadi lebih dan lebih hebat lagi. Seperti halnya dalam berprestasi, Dojo Airnona selalu berupaya melakukan yang terbaik di setiap kejuaraan yang dihadapi. Seperti target tahun lalu yang mana saya hanya berharap untuk masuk lima besar Dojo terbaik di Kupang dan hasilnya sangat memuaskan dong.

 

Dojo Airnona memberikan prestasi terbaik dengan dua kali juara umum dua. Hebat, bukan? Oh, tentu saja, meski masih kalah dari dojo-dojo lain di Kota Kupang tapi ada kepuasan yang luar biasa terasa dihati.

Rencana ke depan?
Rencana ke depannya, ya, saya secara pribadi sebagai pelatih berharap bukan hanya saya yang bisa berprestasi tinggi di olahraga ini, tetapi mereka juga. Ya, selain menjadi jawara di kejuaraan antar Dojo Se-Kota Kupang, saya juga berharap kenshi-kenshi Dojo Airnona bisa menjadi jawara di tingkat kota/ Kabupaten selanjutnya bergerak ke tingkatan yang lebih tinggi yakni menjadi jawara di level nasional dan sampai juga menjadi jawara di kejuaraan tingkat PON ataupun kejuaraan dunia. Semoga saja.

Mari berharap penuh dengan kesabaran, karena tak ada buah yang jatuh jauh dari pohonnya, bukan?

Selain itu, saya juga berharap Dojo Airnona bisa menjadi salah satu Dojo penggerak semangat baru bagi kenshi-kenshi di Kota Kupang, yang semangat berlatihnya luar biasa dan siap menjadi generasi pendulang medali di setiap kejuaraan tentunya.


Penutup!!!
Dengan penuh semangat persaudaraan, semoga Dojo Airnona tetap terhjaga semangatnya baik pelatih, kenshi-kenshinya maupun orang tua yang selalu sabar mendukung, meskipun masih banyak kekurangan namun Dojo Airnona selalu berusaha maksimal untuk bisa berprestasi.

Semoga Dojo Airnona semakin kompak, semangat persaudaraannya makin erat dan tetap mengandalkan Tuhan. Oh iya, Dojo Airnona juga mengadakan syukuran hari Minggu, 16 februari 2020 lalu loh, kita tidak melupakan Tuhan, karena kami tahu bahwa Dojo Airnona tetap eksis menjadi salah satu dojo baru yang ingin berprestasi tinggi adalah lewat tumpang tangannya Tuhan kepada Dojo Airnona. Bravo Dojo AIrnona!

DIRGAHYU DOJO AIRNONA!!!

0 Komentar:

Post a Comment

Silakan berkomentar secara bijak atau sesuai topik pembahasan...