DC COMICS BETTER THAN MARVEL!


[DISCLAIMER:
THIS IS MY OPINION, IF YOU GUYS DIDN'T LIKE, THEN LET'S DISCUSS] 

Senin, 10 Februari 2020 menjadi hari bersejarah bagi Joaquin Phoenix yang berhasil menyabet penghargaan aktor pria terbaik di Gelaran Academy Awards Oscar ke-92 di Dolby Theatre, LA lewat perannya sebagai JOKER. Sejak dirilisnya JOKER pada 2 Oktober 2019, film Joker seolah tak berhenti menuai pujian dan penghargaan, efforts yang luar biasa coba ditunjukan oleh semua cast dan crew lewat mahakarya film Joker tersebut. 

Dari keberhasilan inilah hati saya bertanya-tanya, Marvel atau DC yang terbaik dalam franchise superhero? Tentunya dengan dengan intuisi serta penelitian kecil yang saya  lakukan, saya mendapatkan beberapa yang hal yang menjadikan franchise superhero ala DC atau Marvel yang lebih baik. Dan Jawaban saya tentu saja, DC lebih baik dari Marvel.






Ada beberapa alasan yang mejadikan franchise DC lebih baik, yuk simak sama-sama opini pribadi saya tentang, WHY DC IS BETTER THAN MARVEL? 

1. DC COMICS MEMILIKI LEBIH BANYAK SUPERSTAR
Belum seminggu kita mendengar kabar JOKER yang berhasil meraih banyak penghargaan, bahkan hingga ke pagelaran Oscar 2020 di hari senin yang lalu. Penghargaan ini seolah menegaskan bahwa DC menggarap franchise film superheronya dengan serius juga meski telah kalah start dari Marvel yang lebih berhasil lewat 23 filmnya. Namun DC berusaha menegaskan bahwa mereka menampilkan ya dengan punya cara yang berbeda dalam menampilkan karakter-karakter baik sang superhero atau villainnya sendiri.

Lewat Joker, DC berusaha menampilkan bahwa tidak hanya superhero saja yang bisa sukses namun juga villainnya. DC menampilkan superhero ada karena dibutuhkan, contohnya Batman, bahkan di DC ada ikon untuk villainnya sendiri yakni Joker sebaliknya di Marvel tidak ada. Thanos? Hmm.. Apa yang coba ditampilkan oleh MARVEL belum berdampak besar seperti apa yang dilakukan JOKER. 



2. AKSES KE SEMUA SUPERHERO
Tidak bisa dipungkiri lagi DC mempunyai akses yang tidak terbatas untuk semua superhero-nya, karena semua karakter yang ada semua lisensinya. Sedangkan Marvel banyak superhero ‘List-A’ tersebar di berbagai studio bukan hanya di Marvel Studio saja, sehingga Marvel terkendala dalam memperkenalkan superhero mereka.

3. KARAKTER YANG UNIK
DC berusaha menampilkan nilai-nilai sosial, bukan hanya melulu tentang super power saja. Bahkan ada adegan-adegan yang mana menjadikan DC lebih berharga seperti adegan penyelamatan masyarakat yang dilakukan para superhero meski sedang dalam pertarungan melawan villainnya.

DC meski pahlawannya Over Power namun yang menjadi villain adalah manusia biasa yang mampu bersaing bahkan membuat si superhero sampai kepala pusing. Sebut saja Superman lawannya Lex Luthor, Batman dengan Joker. Sedangkan Marvel dengan Villainnya sama-sama memiliki kekuatan super, bahkan mempunyai pola yang sama dimana setiap villain lahir karena superheronya melakukan kesalahan yang merugikan orang lain. Bahkan kekuatan super di Marvel semua kekuatannya hampir setara antar karakter. Example, Captain America yang dihantam Mjolnir malah tidak ada apa-apa padahal kita sendiri tahu bahwa Mjolnir itu bukan senjata dewa biasa. 




4. NILAI SOSIAL DAN PENGARUHNYA
Sementara Marvel unggul dalam hal memberikan film berkualitas, DC lebih unggul dari Marvel secara keseluruhan karena telah menciptakan karakter yang sangat baik, dan inspirasi bagi dunia nyata. Walaupun Marvel memiliki beberapa karakter yang luar biasa termasuk The Incredible Hulk, Spiderman, dan X-Men, DC tidak hanya memiliki karakter seperti ini, tetapi mereka juga telah menggunakan karakter tersebut untuk memberdayakan masyarakat dan dalam arti tertentu, memerangi kejahatan dunia nyata. DC terbukti lebih baik daripada Marvel karena konten khusus yang dibawanya kepada penikmat superhero. 



Keunikan lainnya, DC menambah elemen nilai sosial, sebut saja Batman yang mana hanyalah manusia biasa yang melatih dirinya untuk menjadi hebat. Dia akhirnya menjadi seorang 'main hakim sendiri' karena panggilan dari dalam dirinya karena kejahatan di Gotham City yang semakin meningkat. Ada juga Green Arrow. 

Yah, mungkin ini secruit alasan yang bisa saya jelaskan kenapa DC lebih baik dari Marvel. Tulisan ini bukan karena saya fans DC tetapi lebih ke alasan kenapa DC lebih baik dari Marvel saja. HAHAHA ribet dah jadinya.




DC berhasil dalam keseluruhan pengaruhnya ke dunia sedangkan MARVEL lebih cenderung berhasil hanya di MARVEL CINEMATIC UNIVERSE saja.

Post a Comment

0 Comments