DOJOKU, JUARA UMUM 2!


Dojo SDG Airnona 1
Sebuah perjuangan menuju prestasi yang lebih dan lebih dari prestasi seblumnya yang penuh keringat. Minggu, 13 Oktober 2019 merupakan salah satu hari yang sangat bersejarah baik bagi saya maupun bagi kenshi-kenshi Dojo SD GMIT AIRNONA 1 (Dojo Airnona). Bagaimana tidak berbekal pengalaman bulan Maret lalu dimana Dojo Airnona berhasil merebut juara umum 3 anak-anak dojo penuh semangat menyongsong Kejuaraan Antar Dojo Internal Perkemi Kota Kupang.

Semua penuh antusiasme, seperti sebelumnya-sebelumnya tidak ada yang menyangka bahwa pertandingan pada kejuaraan ini lebih ramai dibandingkan kejuaraan internal sebelum-sebelumnya. Pertandinganpun sempat terlambat namun semua kenshi yang datang tidak menunjukan akan menurunkan semangat mereka untuk menjadi jawara pada kejuaraan ini.

Pertandingan dimulai dari nomor-nomor pertandingan Solo Embu, Solo randori, Pasangan Embu, dan Pasangan Randori kategori SD, SMP dan SMA. Semuanya dimainkan di empat Court yang disediakan oleh panitia yakni dari PERKEMI KOTA KUPANG.


Teriakan-teriakan semangatpun terdengar nyaring didalam Gedung Serbaguna KONI yang nampaknya kedepannya takkan bisa lagi menampung jumlah antusiasme para kenshi dan orang tua mereka serta masyarakat yang datang mendukung anak-anak mereka.



Pertandingan yang padat dengan jumlah peserta yang banyak membuat panitia sedikit kesulitan namun tetap bisa ditangani, istirahat siangpun hanya setengah jam saja dari waktu yang disediakan yakni satu jam demi mengejar beberapa nomor yang memang sangat banyak jumlah pesertanya sehingga harus segera diselesaikan.

Disela kesibukan panitia yang tengah sibuk dan sedikit pusing karena banyak nomor pertandingan belum diselesaikan, panitia sedikit dihibur dengan nyanyian para kenshi junior yakni kenshi-kenshi yang masih di sekolah dasar menyanyikan salah satu lagu yang sedang HITS! saat ini SALAH APA AKU! Karya 7ilir.

Tepat jam 2 siang pertandingan kembali dilanjutkan dan panitia terus dikebut dengan segala nomor pertandingan, nomor yang sudah diselesaikanpun disimpan agar penghormatan pemenang dilakukan diakhir saat upacara penutupan kejuaraan yang akhirnya terjadi di pukul 6 sore.


Gedung serbaguna KONI yang sudah tua pun jadi nampak angker karena memang pencahayaan yang sudah tidak layak lagi dan tidak menolong banyak lagi untuk melihat. Namun antusiasme semua orang tetap pada puncaknya tidak ada kenshi yang pulang, meski diantara mereka memang ada yang telah mengeluh karena capek dan berbagai hal lainnya.


Upacara penghormatan pemenang dilakukan dan para juara pun mulai dipanggil satu per satu sesuai nomor pertandingan dan banyak sekali generasi penerus baru PERKEMI KOTA KUPANG yang lahir dari kejuaraan internal kali ini.

Selesai penghormatan pemenang akhirnya sampai pada puncaknya yakni pemberian piala tetap bagi Dojo-dojo yang berhasil meraih medali terbanyak dan Juara Umum satu adalah target Dojo Airnona. Juara umum lima jatuh pada Dojo KONI, juara umum empat jatuh pada Dojo SMKN 1 Kupang, Juara Umum tiga Jatuh pada Dojo SKO Negeri Kupang.


Dari sekian banyak dojo tinggal dua dojo yang memang dari penghormatan pemenang paling banyak terdengar namanya yakni Dojo Nefonaek dan Dojo Airnona, saya dan pacar yang memang sudah dari jauh hari mempersiapkan kenshi-kenshi kami tentu berbangga karena siapapun yang berada pada posisi puncak berbangga karena dojo yang kami bangun pada akhirnya mulai menunjukan prestasi terbaiknya, saling sharing bagaimana melatih dan mengembangkan dojo, bagaimana menciptakan para juara dan berbagai keresahan kami dalam memabangun dojolah menjadikan kami pantas saling bertepuk tangan memberikan selamat pada dojo yang berada diatas.


Dan dojo Nefonaeklah yang berhasil merebut juara Umum satu sedangkan dojo saya, Dojo Airnona hanya berhasil merebut juara umum dua. Tidak ada kata lain selain bangga dan puas ayng ada didalam hati, impian kami adalah menciptakan para juara baru dengan mengalahkan para juara yang telah melahirkan juara terlebih dahulu dan kami berhasil di hari itu.

Kami saling memberi tepukan tangan dan saling mengangkat topi atas keberhasilan yang diraih, seolah tak pernah lelah, pulangnya kami malah saling berbagi pengalaman yang terjadi hari itu dan pembicaraan itu seolah menjadi evaluasi bagi kami sendiri. Malam itu kami menutup hari penuh sukacita atas jerih lelah kami dengan rencana kami kedepan untuk bisa menjadikan dojo kami lebih dan lebih baik lagi.


Semua pencapaian ini smeoga bukanlah akhir dari prestasi yang diraoh, tetapi merupakan awal dari kebangkitan dojo-dojo baru untuk menjadi salah satu tiang lahirnya atlet-atlet masa depan yang lebih disiplin, lebij siap untuk menjadikan PERKEMI KOTA KUPANG semakin diatas, dan untuk menjadi tiang penyangga prestasi yang lebih besar bagi PERKEMI NTT kedepannya.


Tentunya keberhasilan ini juga bukanlah keberhasilan kami, tanpa orang tua, tanpa para kenshi yang bertarung di arena, tanpa mereka tentunya keberhasilan tidak bisa tergapai. Terima kasih untuk para orang tua yang selalu setia dan mempercayakan saya sebagai pelatih dari kenshi-kenshi dojo airnona. Dan ucapan terima kasih juga ditujukan kepada PERKEMI KOTA KUPANG yang sudah mau bersusah payah untuk mengadakan kejuaraan tersebut.

PERKEMI JAYA, PERKEMI LUAR BIASA!
DOJO SDG AIRNONA 1 EEMMMAAAAASSSS !!!!!


0 Komentar:

Post a Comment

Silakan berkomentar secara bijak atau sesuai topik pembahasan...