BELAJAR BAHASA KUPANG YUK!



Kota Kupang 


Siapa bilang belajar bahasa itu ribet? Apalagi bahasa Kupang. Bahasa Kupang adalah salah satu bahasa yang mudah dan bahasa Kupang hampir mirip dengan bahasa ketimuran lainnya loh, mudah dipelajari karena sebenarnya bahasa Kupang lebih terdengar seperti bahasa yang bisa dibilang mudah diucapkan namun memiliki ligat yang khas.

Hmm.. Mungkin bisa kita mulai dengan beberapa contoh dulu yah. Seperti kata 'bagaimana', orang Kupang banyak yang memakai 'karmana', atau 'tidak/ nggak' menjadi 'sonde', atau 'pergi' yang berubah menjadi 'pi'.


Berikut beta akan coba jabarkan beberapa suku kata yang mengalami perubahan menjadi bahasa Kupang. Dan nanti beta akan coba buat  contoh kalimat dalam bahasa Kupang juga.

BAGAIMANA : KARMANA
TIDAK : SONDE
PERGI: PI
SAYA: BETA / 'B'
KALAU: KALO
SUDAH: SU
KAH: KO
KITA/ KAMI: KATONG
JANGAN: JANG
JUGA:JU
SAMPAI: SAMPE
KENAPA:KANAPA

KAMU:LO
IYA: HO (biasanya kalau pakai kata ini dianggap terlalu kasar)
SIAPA: SAPA
MAU: MO
INI: NI/ NIH
JUGA: JU
AMBIL/AMBILKAN: AME
DULU: DOLO
GAYA/ BERGAYA: BASTEL
TEGUR/ SAPA: TOGOR (MENEGUR: BATOGOR)


OK, mungkin itu beberapa kata dalam bahasa Indonesia yang mengalami sedikit perubahan ke bahasa daerah Kupang. Berikut adalah contoh kata-kata yang telah dirangkai menjadi sebuah kalimat:

- Sapa mo kanapa sapa (Siapa mau menakuti/ menakutkan sapa)
- jang talalu bastel ( Jangan kebanyakan gaya)
- Lu su makan ko ( kamu sudah makan)
- Tolong ame itu barang do (Tolong ambilkan barang itu dulu)
- Kalo lewat na Biasa kan batogor orang (Kalau lewat tolong biasakan untuk tegur/sapa orang)


Selain itu ada juga beberapa kata sebagai pelengkap atau tambahan saja yang juga tidak memiliki arti. Seperti kata 'na' pada contoh kalimat terakhir diatas.

Ollllraiiitth.. Mungkin sekian dulu pembahasan atau pelajaran singkatnya tentang bahasa Kupang kali ini, semoga bisa membantu teman-teman dalam membaca tulisan-tulisan dalam blog ini.






Sebenarnya sudah ada beberapa blog atau tulisan yang penulisnya dari Kupang atau dari NTT yang pernah bahas ini, tapi beta coba tulis lagi karena yah berhubung beta pung blog nih tulisannya dibuat sesuka beta jadi beta rasa perlu beta buat tulisan tentang bahasa Kupang, agar kawan-kawan yang baca beta pung tulisan nah bisa mengerti.
Kasian juga kalo yang baca sonde mengerti lama-lama sonde ada yang mau baca beta pung blog. Hehe

Kota Kupang Kota Kasih

Itung-itung sekalian belajar bahasa Kupang, sapa tau ada kawan yang bukan dari Kupang yang mau belajar yah tinggal kasi liat ini tulisan.


Oh iya, cara mengucapkan kata atau kalimat bahasa Kupang juga tidak lemah lembut, sebenarnya bahasa Kupang ini pengucapan katanya setiap huruf vokalnya lebih ditekan atau sedikit dikasarkan. Jadi jangan heran kalau orang Kupang bicaranya kayak heboh sendiri atau biasa dianggap kayak lagi bertengkar. Hehe

Semoga tulisan ini bermanfaat buat kita semua.



*Source Foto: Google.com

2 comments:

  1. Replies
    1. terima kasih yah.

      baca juga cerita tentang kupang yang lainnya yah
      https://bryannakupenda.blogspot.com/2015/06/cuman-di-kupang-saja.html

      Delete

Silakan berkomentar secara bijak atau sesuai topik pembahasan...