DOJOKU, JUARA UMUM 3 !


Para Juara !

Sebulan lalu dojo-dojo yang ada di Kota Kupang bertanding dalam kejuaraan internal antar dojo se-Kota Kupang, setiap pelatih dojo di Kota Kupang diberi kesempatan untuk mempersiapkan kenshi-kenshinya menjadi seorang juara disetiap kejuaraan. Hal ini demi meningkatkan persaingan antar dojo di Kota Kupang, sekaligus untuk mempersiapkan atlet sedari dini sehingga siap mengganti para seniornya nanti, selain itu ajang ini juga menjadi ukuran untuk melihat perkembangan teknik dan penguasaan wilayah Shorinji Kempo dari para kenshi dan pelatih.
Sebulan sudah berlalu dan kini tiba saatnya para pelatih dojo di Kota Kupang kembali mempertandingkan kenshi-kenshi mereka ke arena lagi, segala persiapan coba saya lakukan dalam waktu sebulan terakhir, meski terkendala oleh hujan namun kenshi-kenshi dojo saya tetap semangat menghadapi event bulanan ini.

Sebagai pelatih tentunya harus punya target dan harus bisa mengevaluasi diri maupun kenshi yang dilatih, disini saya belajar bahwa untuk menjadi pelatih yang baik ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu keseriusan mengurus dojo, menyiapkan waktu, pantang menyerah, selalu evaluasi diri, dan jangan pernah untuk mau kalah.
Latihan terkahir sebelum bertanding.

Ketika menjadi atlet saya belajar untuk tidak menyerah sebelum menjadi peraih medali emas, dan kini itu yang coba saya tanamkan pada kenshi-kenshi saya, seperti saat latihan saya selalu memotivasi mereka dengan mengatakan, “saya yang ingin menjadi juara harus siap mengalahkan dirinya”, terkadang juga saya sering mengatakan mereka “banci, meme, atau bencong” saat mereka tidak melakukan seperti apa yang saya arahkan atau saat mereka ingin menyerah, kecapekan atau kelelahan.
Memang terdengar agak kasar, namun itu penting untuk memicu semangat dan jiwa pantang menyerah mereka. Mereka menganggapnya sebagai hinaan yang kejam namun demi prestasi tentu mereka tidak ingin kalah hanya karena hinaan seperti itu. Saya juga mengajarkan mereka untuk tidak boleh mau kalah dari siapapun di arena, sekalipun dia adalah orang yang sering juara, karena kita sama-sama mempersiapkan diri untuk bertarung di arena jadi jangan pernah sekalipun untuk mundur.

Kini (24 Maret 2019), waktunya untuk menunjukan hasil persiapan selama sebulan ini, dan lagi-lagi Gedung Serbaguna KONI kembali menjadi saksi bisu perjuangan kenshi-kenshi dojo SDG AIRNONA 1. Di kejuaraan sebelumnya dojo hanya bertanding dengan sepuluh orang dan Sembilan kenshi berhasil meraih medali atau piagam penghargaan. Kali ini mereka bertambah banyak menjadi dua puluh orang dan mereka sangat semangat untuk meraih juara.

Ada yang baru pertama kali ikut pertandingan, ada yang sudah berulang kali. Belajar dari setiap kejuaraan tentunya tidak semua kenshi harus juara, namun mereka mendapat hal paling penting yaitu mejadi seorang kenshi harus tegar menghadapi segala sesuatu termasuk menerima kekalahan.
Pertandingan berlangsung alot dari pagi hingga sore, dari enam belas dojo yang ikut pertandingan para kenshi dari dojo SDG AIRNONA 1 berhasil meraih prestasi yang sangat membanggakan karena berhasil meraih JUARA UMUM 3, hanya kalah dari dojo UNWIRA dan dojo NEFONAEK.

Hasil Perolehan Medali Kejuaraan Antar Dojo Se-Kota dan Kabupaten Kupang
pada 24 Maret 2019

Sebagai seorang pelatih tentu ini adalah suatu kebanggaan, apalagi dengan membawa para kenshi yang baru pertama kali ikut namun mendapat hasil yang baik. Ada kenshi yang pada bulan lalu tidak mendapat juara kali ini malah mendapat juara di dua kelas berbeda, ada yang kemarin juara namun kali ini tidak.

Dari keenam belas dojo itu dojo SDG AIRNONA 1 berhasil meraih tujuh medali emas, tujuh medali perak dan tiga perunggu. Tentu ada hal lain yang membanggakan yakni berhasil mengalahkan dojo-dojo tua yang ada di Kota Kupang, dan ini juga menjadi bukti bahwa dojo baru jangan diremehkan, apalagi di kejuaraan-kejuaraan sebelumnya dojo-dojo baru sering diremehkan karena belum mampu bersaing.

DOJO SDG AIRNONA 1, EMAS ! EMAS ! EMAS !


Untuk kedepannya, semoga dojo SDG AIRNONA 1 tetap berprestasi, dan tentu saja tidak lupa juga saya berterima kasih kapada para orang tua kenshi yang telah banyak mendukung para kenshi hingga bisa mencapai prestasi tertinggi. Seperti kata Sensei George Hadjoh dalam sambutan penutupnya, bahwa “Prestasi Kempo bisa tetap dia atas karena para irang tua kenshi yang tetap memberikan dukungan penuh, tanpa dukungan itu tentu saja Kempo tidak bisa sperti saat ini”.

0 Komentar:

Post a Comment

Silakan berkomentar secara bijak atau sesuai topik pembahasan...